Pengertian Dan Sejarah Singkong

Hallo sobat..!!! Apa kabar hari ini? Semoga sehat ya.. amin. Sebetulnya saya kurang sehat nih sob, tapi saya coba untuk menulis artikel pertama WebSingkong ini buat kalian yang belum mengetahui Pengertian Dan Sejarah Singkong. Nah, gak usah lama lagi deh langsung aja ya..

budidaya-singkong
Budidaya Singkong

Pengertian Singkong

Di Indonesia sendiri singkong mempunyai banyak sekali nama, namun yang menurut saya cukup terkenal adalah Singkong, atau Ketela Pohon, atau ada juga yang menyebutnya Ubi Kayu.

Apa itu Singkong?
Menurut Wikipedia..
Singkong, Ketela pohon, atau Ubi Kayu yang mempunyai nama ilmiah Manihot esculenta crantz merupakan sejenis perdu tahunan tropika juga subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbi dari singkong ini dikenal luas sebagai makanan pokok yang mengandung karbohidrat, sedangkan untuk daunnya di konsumsi juga sebagai sayuran.

Tinggi pohon singkong ini bisa sape 7 Meter, dan memiliki cabang yang jarang. Akarnya tunggang degan beberapa akar cabang dan kemudian membesar berubah menjadi umbi yang dapat dimakan.

Untuk ukuran umbi singkong ini biasanya mempunyai garis tengah 2-3 CM dan panjangnya 50-80 CM, itu tergantung dari klon/kultivar. Dibagian dalam umbinya biasanya berwarna putih dan ada juga yang kekuning-kuningan.

Umbi singkong ini tidak tahan lama meskipun di simpan di lemari es/lemari pendingin. Untuk gejala sebagai tanda rusaknya umbi singkong ini biasanya ditandai dengan keluarnya warna biru gelap dikarnakan terbentuknya asam sianida yang memiliki sifat meracun bagi tubuh manusia.

Umbi singkong juga sumber energi yang kaya akan karbohidrat akan tetapi umbi ini sangat sedikit sekali kadungan proteinnya. Namun daun dari umbi ini malah lebih banyak mengandung protein sebab daunnya mengandung asam amino metionina.

Sejarah Singkong

Singkong (ubi kayu) sejatinya bukan tanaman asli indonesia melainkan tanaman yang berasal dari Brazil. Namun sekarang ini, singkong sudah sangat akrab degan kita, bahkan makan satu ini sering kali dianggap sebagai makanan kelas bawah. Jika kita sedikit mengulas zaman disaat penjajahan bangsa asing dulu. Indonesia sempat dijajah oleh Portugis, yakni salah satu bangsa yang perna menjajah Indonesia. Nah, dari Bangsa Portugislah singkong ini berasal, mereka yang membawa tanaman asal Brazil ini ke negara Indonesia.

Di Amerika Latin singkong adalah makanan pokok sebab umbi ini diketahui mengandung kalori yang cukup tinggi. Dan Bangsa Portugis tidak hanya membawa umbi singkong, akan tetapi mereka mulai membuat sebuah program untuk menanam singkong sampai akhirnya singkong ditanaman secara komersil sebab potensi besar yang bisa dihasilkan.

Singkong juga adalah tanaman yang sangat mudah untuk tumbuh, singkong dapat tumbuh di daerah tandus yang tanahnya sangat miskin akan hara. Menananm singkong tidaklah sulit, cukup dengan menancapkan batang degan ukuran tertentu. Dan Tanaman ini juga tidak ada perawatan khusus dan biasanya mendapatkan hasil panen yang cukup besar stelah 9 bulan masa tanam. Selain dari itu, potensi untuk pemanfaatan di semua bagian tanaman ini juga cukup besar. Mulai dari daunnya yang kaya akan zat besi, yang sering kali dijadikan sayur. Bagian umbi yang mempunyai kalori lebih tinggi dibanding nasi, sehingga tujuan Bangsa Portugis membawa singkong ini ialah untuk menjadikan tanaman ini sebagai makanan pokok seluruh rakyat Indonesia. Dan itu terbukti di berbagai daerah, singkong merupakan sebuah makanan pokok.

Bagaimana sobat? Sejarah dan keunggulan yang dimiliki singkong di atas seharusnya dapat menyadarkan kita bahwa singkong bukanlah makanan kelas rendah. Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali makanan olahan berbahan dasar singkong yang sangat enak, bergizi, dan mempunyai tampilan yang sangat menarik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Dan Sejarah Singkong"

Posting Komentar

Gunakan form komentar dengan bijak.. Jika isi komentar berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar dengan link aktif, Tidak akan kami ditampilkan!