Cara Membuat Tepung Singkong (MOCAF)

Cara Membuat Tepung Singkong (MOCAF) - Tepung MOCAF (Modified Cassava Flour) ini merupakan atau dapat dijadikan sebagai alternatif bahan baku bermacam-macam kudapan yang sangat potensial, mengingat banyaknya bahan baku singkong tersedia di negara kita. Tepung ini mampu menggantikan tepung terigu sampai 100%, atau bisa dibilang tidak lagi memerlukan substitusi atau campuran tepung lain untuk menggantikan tepung terigu.

Cara Membuat Tepung Singkong (MOCAF)

Sebagai bahan pangan pengganti terigu yang trbilang masih cukup langka, tepung singkong ini masih memiliki harga yang relatif tinggi. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan jumlah produksi yang membuat tepung alternatif ini biasanya hanya bisa didapatkan atau dijual di beberapa toko/gerai dan juga pusat perbelanjaan tertentu.

Namun tidak usah khawatir, jika anda merasa kesulitan untuk mendapatkan tepung ini, anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah.

Lalu bagaimana caranya ? Ini sangatlah Mudah, apa lagi kita tidak perlu menggunakan banyak alat. Akan tetapi, jika ingin mendapatkan hasil terbaik, tepung singkong ini harus melewati minimal dua kali proses pengayakan.

Mengapa harus dua kali? Hal ini bertujuan untuk mendapatkan tepung yang sudah benar-benar bersih sehingga akan terbebas dari sisa serat kayu yang tertinggal pada tepung singkong tersebut. Selain itu, tepung singkong yang memiliki kualitas tinggi akan menentukan hasil akhir dari sebuah produk yang nantinya akan kita buat, seperti kue atau penganan lain.

Untuk membuatnya, silahkan anda ikuti step-step berikut :

Tips Memilih Bahan Baku Singkong yang Baik Untuk Dijadikan Tepung MOCAF


Jika hendak membuat tepung singkong dengan kualitas yang bagus, pastinya kita juga harus pandai dalam memilih bahan baku singkong yang memiliki kualitas bagus pula.

Lalu singkong seperti apa yang bagus untuk kita jadikan tepung singkong ?
Singkong yang bagus untuk kita jadikan bahan baku membuat tepung yaitu singkong yang masih muda atau singkong yang sedang memiliki pati dengan jumlah maksimal, atau singkong yang sedang banyak-banyaknya mengandung pati.

Kemudian apa ciri-ciri singkong yang memiliki kandungan banyak pati ? Untuk mengetahui hal tersebut dengan akurat, kita perlu melakukan beberapa tes, akan tetapi patokan yang biasa digunakan oleh orang jaman dahulu ialah dengan memegang irisan singkong yang dipotong  melintang dan merasakan pati yang dikandung singkong tersebut. Singkong yang memiliki banyak kandungan pati biasanya bakal terasa sedikit licin dibanding dengan singkong yang tidak memiliki banyak kandungan pati, bahkan ini bisa kita rasakan dalam keadaan kering sekalipun.

Jenis Singkong Yang Dapat Dijadikan Tepung


Jenis singkong apa yang dapat kita jadikan tepung ? Sebetulnya semua jenis singkong yang memiliki kandungan pati bisa kita jadikan tepung, namun ada beberapa jenis singkong yang memiliki kandungan zat racun (dengab kadar rendah dan tak berbahaya) dan jenis singkong ini perlu suatu proses khusus.

Disini kita takan membahas jenis singkong ini sebab memang tidak banyak yang memperjual belikan di pasar-pasar. Namun Kita bakal memakai singkong yang sering dan banyak dijajakan di pasar tradisional sbagai bahan baku membuat tepung.

Proses Cara Membuat Tepung Singkong Mocaf


Ada banyak sekali cara untuk kita pakai dalam prosea membuat tepung singkong atau tepung mocaf, mulai dari yang melibatkan enzim hingga cara yang sederhana yang menggunakn teknik mekanis. Karena kita hanya akan membuat tepung singkong untuk skala kecil, disini kita akan memakai cara yang kedua, sebab selain mudah untuk kita praktekan cara kedua ini juga cukup murah.

Berikut ini tahapan-tahapan cara membuat tepung singkong/mocaf dengan mudah.

1. Yang pertama sudah pasti, kita harus membersihkan atau mengupas singkong dari kulitnya hingga bersih.

2. Berikutnya bersihkanlah singkong yang sudah dikupas tadi menggunakan air bersih tentunya. Lalu pastikan lendir yang terdapat diantara kulit dan daging singkong sudah bersih. Proses Pembersihan ini bisa kita dilakukan degan cara menyikat seluruh permukaan umbi singkong.

3. Kemudian potong/iris singkong tadi setipis mungkin, hal ini bertujuan agar mempercepat proses dalam pengeringan ditahap berikutnya.

4. Lalu rendam irisan singkong ke dalam air bersih selama  2 hari 2 malam(minimal), dalam proses ini singkong akan mengeluarkan endapan tepung tapioka. Nah, Pisahkan tepung tersebut dan kemudian keringkan untuk keperluan ditahap berikutnya.

5. Selama singkong dalam proses perendaman, kita harus harus mengganti airnya maksimal 1hari (24jam) sekali atau akan lebih bagus jika kita menggantinya 12jam sekali, jika ini tidak dilakukan, hasil tepung bakal mengeluarkan bau layaknya bau singkong busuk yang terendam.

6. Selanjutnya angkatlah singkong dari air rendaman, lalu jemur sampai betul-betul kering degan kadar air yang dikandung kurang lebih 10%, untuk cirinya singkong akan mulai lapuk atau rapuh.

7. Setelah proses ke6 selesai, tiba saatnya untuk proses penggilingan, jika anda tidak mempunyai alat giling, kita juga dapat menumbuknya memakai lumpang(alat untuk menumbuk) namun anda harus sedikit bersabar sebab prosesnya akan sedikit lebih lama.

8. Ayak atau saring singkong hasil tumbukan tadi dengan ayakan/saringan tepung, biasanya alat tersebut banyak dijual di toko penjual barang/perkakas rumah tangga. Untuk sisa ayakan/saringan kita dapat menumbuknya kembali hingga halus.

9. Terakhir kita satukan tepung tapioka yang kita peroleh dari hasil perendaman dengan tepung hasil ayakan/saringan. Setelah tercampur rata, kita jemur kembali hingga tepung benar-benar kering.

10. Tepung Singkong MOCAF sudah siap untuk kita gunakan. Jika kita tidak menggunakannya secara langsung, simpan tepung dalam wadah/plastik yang tertutup rapat.

Bagaimana sobat, mudah bukan? Ingat, Tepung singkong ini bisa dijadikan sebagai bahan baku alternatif untuk aneka kue ataupun cake. Jika masih ada yang kurang faham, silahkan untuk berkomentar. Dan saya akan sangat berterima kasih jika sobat mau meng-Share artikel ini.

Sekian dari saya, Semoga cara membuat tepung singkong ini bisa bermanfaat. Terimakasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Tepung Singkong (MOCAF)"

Post a Comment

Gunakan form komentar dengan bijak.. Jika isi komentar berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar dengan link aktif, Tidak akan kami ditampilkan!