4 Manfaat Tebaik Tepung Singkong

Berpikir untuk menyerah pada gluten? Tepung Singkong mungkin membantu apa yang sedang Anda cari.

Apa yang dimaksud dengan tepung singkong? Ini adalah jenis tepung yang bebas akan gluten, alternatif tepung gandum yang dibuat dengan pengeringan akar ubi kayu. Otto Naturals, adalah salah satu pemasok terkemuka Tepung Singkong, "generasi berikutnya dalam pembuatan kue bebas gandum" produk ini mudah digunakan dengan tekstur dan rasa ringan. Anda juga mungkin memiliki kesulitan untuk membedakan produk populer lain yang terbuat dari ketela pohon ini, contohnya tepung tapioka. Tapioka biasanya ditemukan di toko-toko dalam bentuk/kemasan kecil, berwarna putih mutiara yang terbuat dari ekstrak pati singkong.

Jadi apa yang membuat tepung bebas gluten ini begitu bagus? Silahkan simak penjelasannya.

4 Manfaat Tepung Singkong Terbaik

4 Manfaat Terbaik Tepung Singkong
Tepung Singkong

1. Dapat Digunakan Bersama Dengan Tepung Terigu

Tepung Singkong mudah digunakan dalam bebagai resep tradisional berbasis tepung biji-bijian seperti gandum atau bahkan tepung bebas gluten campuran. Salah satu hal terbaik tentang menggunakan tepung singkong adalah ia netral dari segi rasa. Tidak memiliki rasa kering, kuat/strong atau asing dan teksturnya pun halus tidak seperti yang sering kita jumpai di beberapa tepung bebas gluten.

Banyak orang menemukan bahwa singkong dapat digunakan dalam resep bahkan tanpa terdeteksi sama sekali dan bahwa hampir tidak dapat dibedakan dari rekan-rekan tepung lain yang berbasis gandum. Memberikan tekstur sangat baik untuk kue yang dibakar, seperti brownies, kue kering, dan roti yang padat, atau Anda dapat menggunakannya dalam hidangan gurih menggunakan saus atau seperti layaknya burger/roti.

Banyak orang menyukai membuat hidangan dengan tepung singkong karena ia tidak memiliki rasa asam ataupun bau, namun tepung gandum yang difermentasi, kadang-kadang dapat muncul hal-hal tersebut. Jika Anda akan memanggang sesuatu seperti roti atau kue dan memerlukan tepung yang berkualitas baik dalam mengembang, tepung singkong dapat digunakan untuk menggantikan sebagian dari tepung dalam campurannya. Untuk resep yang tidak memerlukan pengembangan, tepung singkong benar-benar dapat menggantikan tepung gandum.

2. Bebas Alergi, Bebas Gluten, Bebas Gabah dan Bebas Biji

Jika Anda tidak dapat menggunakan kelapa atau tepung berbasis kacang ke dalam resep (seperti tepung almond), tepung singkong merupakan alternatif besar lain untuk kue bebas gluten. Beberapa produsen bahkan menjual Tepung Singkong berkualitas tinggi yang bebas gluten disertifikasi oleh Gluten Intolerance Group .

Karena itu benar-benar bebas Gluten, Tepung Singkong adalah pilihan yang sangat baik bagi Anda yang lebih dari sekedar dengan gejala intoleransi gluten — juga paleo-ramah dan juga dapat dikonsumsi oleh orang-orang dengan sistem pencernaan yang sensitif atau bahkan gangguan, seperti penyakit sindrom iritasi usus atau penyakit sindrom iritasi usus besar.

4 Manfaat Terbaik Tepung Singkong
Perbandingan Tepung Singkong Dan Tapioka

3. Rendah Kalori, Lemak dan Gula

Singkong memiliki kurang dari 120 kalori untuk porsi seperempat cangkir, sehingga lebih rendah kalori daripada beberapa tepung bebas gluten lainnya seperti tepung almond atau kelapa. Secara keseluruhan, memiliki kadar air yang lebih tinggi , dapat menurunkan kalori lemak konten dan kepadatannya lebih rendah daripada tepung lain, termasuk tepung jagung, gandum, pisang raja, almond, kelapa, beras dan sorgum.

Tepung singkong adalah pilihan yang baik untuk orang dengan kondisi kesehatan kurang baik seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, karena sangat rendah sodium/garam, gula dan lemak, ditambah benar-benar bebas dari karbohidrat olahan dan bahan-bahan sintetis. Tergantung pada bahan lain apa yang Anda gunakan dengan ubi kayu, ini dapat membantu Anda menjaga gula darah normal dan menyediakan sumber energi yang baik.

Tepung singkong tinggi karbohidrat dan menyediakan jumlah karbohidrat yang sama sebagai tepung berbasis gandum, yang dapat membantu untuk mendukung tingkat energi dalam orang-orang yang aktif tapi menghindari makan Pati lainnya.

Pada kenyataannya, karena begitu tinggi karbohidrat, para ahli memperkirakan bahwa tanaman singkong memberikan hasil tertinggi ketiga karbohidrat per orang di banyak bagian dunia (setelah tebu dan gula bit). Komposisi didalamnya adalah sekitar 60 persen untuk 65 persen kelembaban air, 20 persen untuk 31 persen karbohidrat, dan kurang dari 2 persen protein dan lemak. Di beberapa negara bagian Afrika, itu memberikan hingga 30 persen dari total kalori harian!

Cara terbaik untuk menggunakan tepung gaplek adalah mungkin untuk memasangkannya dengan makanan lain yang memiliki padat gizi, sangat baik untuk meningkatkan serat, vitamin dan kandungan mineral. Misalnya, Anda dapat meningkatkan jumlah serat dalam resep dengan menggunakan tepung singkong dalam kombinasi dengan tinggi serat makanan seperti benih chia atau biji rami.

Tepung ini dapat juga digunakan untuk membuat adonan pizza atau crepes yang Anda dapat menyajikannya dengan bahan sehat favorit Anda, seperti keju mentah, saus tomat, sayuran, buah-buahan atau alpukat.

4. Murah, Berkelanjutan dan Mudah Tumbuh

Singkong tanaman yang mampu tumbuh di lebih dari 90 negara di seluruh dunia dan dapat bertahan tumbuh dari kondisi lingkungan yang kurang optimal, membuat mereka sangat berkelanjutan menurut penelitian yang dilakukan di pusat internasional untuk pertanian tropis di Kolombia.

Singkong telah diklaim mampu untuk menyerap karbon pada tingkat yang sangat tinggi di bawah tingkat kelembaban yang tinggi, menahan suhu tinggi dan radiasi matahari dan bertahan hidup di lingkungan Apakah itu kering ataupun lembab.

Karena karakteristiknya memiliki "sistem akar baik, kehidupan daun panjang, akar kuat dan daun tinggi fotosintesis", singkong membantu pakan jutaan orang setiap tahun yang rentan akan kelaparan dan tinggal di lingkungan stres.

Pohon singkong telah diklaim dapat bertahan hidup di tanah yang sangat miskin (tidak subur) dan kondisi kekeringan yang berkepanjangan, yang membantu mengurangi penggunaan air sementara petani singkong masih menghasilkan hasil tinggi. Pembelian Tepung singkong dan produk singkong lainnya juga membantu mendukung petani yang bergantung pada mengekspor singkong untuk mendapatkan penghasilan, memberikan kesempatan kerja dan melayani sebagai cadangan makanan di saat kelangkaan.

Itulah 4 Manfaat Tebaik Dari Tepung Singkong. Jika masih kurang silahkan anda baca juga artikel tentang Kandungan Nutrisi Singkong. Semoga bisa bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Manfaat Tebaik Tepung Singkong"

Post a Comment

Gunakan form komentar dengan bijak.. Jika isi komentar berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar dengan link aktif, Tidak akan kami ditampilkan!