Informasi Panduan Cara Penanaman Singkong (Ubi Kayu)

cara-penanaman-singkong
Budidaya Singkong

Cara Budidaya / Berkebun Singkong

Pendahuluan

Singkong (Ubi kayu) adalah akar pohon-pohon tropis yang memiliki banyak kandungan tepung dan juga digunakan sebagai makanan pokok di berbagai negara tropis. Tanaman singkong ini aslinya dari Amerika Selatan. Di masa lalu tanaman singkong ini tumbuh sebagai alternatif untuk beras, kentang ataupun jagung. Nigeria adalah negara teratas sebagai produksi ubi kayu di dunia dan Thailand adalah produser singkong paling top di Asia. Singkong merupakan tanaman komersial yang sangat baik dari mulai makanan, glukosa, pelarut, alkohol, makanan hewan, pupuk, energi dan lain-lain yang banyak sekali produksinya.

Top 10 Negara Dengan Produksi Singkong Terbesar :

Berikut ini adalah top 10 negara terbesar di dunia yang memproduksi singkong

  1. Nigeria
  2. Indonesia
  3. Thailand
  4. Congo
  5. Ghana
  6. Brazil
  7. Angola
  8. Mozambique
  9. Vietnam
  10. India

Umbi dari Singkong dan daunnya merupakan bagian terpenting dari singkong yang banyak digunakan. Umumnya, komersial kultivar dengan diameter besar dan panjang. Daging umbi ini terdapat 2 warna yakni kuning atau putih. Singkong merupakan sumber yang baik dari Pati dan kalsium, fosfor, vitamin 'C'. Suatu keuntungan dapat dicapai seperti yang anda inginkan dalam komersial pertanian ubi kayu dengan budidaya yang baik dan dengan praktek pengelolaan tepat.

Umumnya, tanaman singkong adalah tanaman jangka panjang yang mungkin memakan waktu 6 bulan bakan lebih dari 2 tahun tergantung kebutuhan petani. Sebagai umbi yang memiliki banyak kegunaan komersial, suatu saat mendapatkan hasil nol pada pertanian komersial dari singkong. Mari kita membahas lebih lanjut dalam paragraf berikutnya tentang pertanian singkong dari mulai tanam sampai dengan panen.

Kebutuhan Iklim

Singkong merupakan tanaman pendek tropis dan membutuhkan iklim yang hangat juga lembab. Suhu memainkan peran utama dalam produksi ubi kayu. Tanaman singkong sangat sensitif terhadap embun beku dan disarankan untuk ditanam di daerah bebas es. Hasil singkong terbaik dapat diharapkan antara suhu 25°C dan 30°C. Ketika datang saat dimana kebutuhan air, hasil panen singkong terbaik ketika air melimpah disediakan. Meskipun bisa berdiri jangka waktu kekeringan, membutuhkan minimal terdistribusi hujan dari 600 mm (minimal) untuk 4000 mm (maksimum).

Persyaratan Tanah

Singkong dapat dibudidayakan di sebagian besar tanah. Namun, tanah lempung berpasir paling cocok untuk tumbuhnya umbi-umbian. Dalamnya sangat subur, pertumbuhan vegetatif dapat lebih dari pertumbuhan umbi. Tanah yang dikeringkan dengan baik dan subur cukup baik untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi dalam pertanian ubi kayu. Untuk mengendalikan kadar asam tanah bisa dengan cara menambahkan 40-50 kg kapur/ha. PH tanah terbaik untuk ubi kayu adalah 5.5 sampai 6.5.

Persiapan Lahan

Tanah harus disiapkan sedemikian rupa bahwa semua gulma harus dibersihkan. Gunakan traktor untuk membajak dan pastikan untuk memberikan beberapa pembajakan untuk tanah gembur yang lebih baik. Jika tanaman singkong ditanam secara komersial, pastikan pergi untuk uji tanah agar Anda mengetahui kekurangan zat gizi mikro.

Dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan menerapkan pupuk yang diperlukan selama persiapan lahan. Bahan organik seperti kotoran sapi juga harus ikut serta dalam merawat kesuburan masalah tanah. Pastikan untuk menyiapkan lahan dengan sistem drainase.

Propagasi

Propagasi ubi kayu dilakukan melalui dari stek batang.

Jarak Dan Cara Penanaman Singkong

Singkong dapat ditanam di setiap tahun, Namun, pastikan Anda untuk menggunakan tanah yang memiliki kelembaban yang baik selama 6 bulan setelah menanam stek batang. Perawatan harus diambil saat penanaman tanaman singkong untuk memastikan batang yang akan ditanam harus dari tanaman matang yang sudah tua yang memiliki 30 cm panjang dengan 5-6 node dari batang bawah. Membuat bukit-bukit atau tumpukan tanah gembur di kisaran 70 sampai 75 cm sebagai bagian dari penyiapan lahan. Pastikan untuk menggali lubang sekitar 18 hingga 20 cm di setiap bukit di mana stek batang yang akan ditanam. Pastikan untuk menanam tanaman di pagi atau sore hari ketika suhu agak dingin. Ada tiga jenis metode penanaman, Anda dapat mengikuti salah satunya tergantung pada musim.

Batang singkong dengan panjang stek ¾ harus ditanam di tanah. Sisanya ¼ harus ditutup dengan tanah gembur.


  1. Horizontal: Metode penanaman lebih disukai selama musim panas sehingga tanaman akan tetap lembab.
  2. Vertikal: Metode penanaman lebih disukai selama iklim hujan sehingga tidak akan membusuk jika terus-menerus basah.
  3. Miring: Metode penanaman lebih disukai antara dua musim disebutkan.


Irigasi

Singkong adalah tanaman toleran akan kekeringan. Namun, ia menghasilkan lebih ketika irigasi yang tepat disediakan dan kelembaban konstan dalam dipertahankan selama pertumbuhannya.

Pupuk dan Penyubur

Tanaman singkong merespon dengan sangat baik untuk pupuk organik. Kotoran sapi atau kotoran hewan lainnya akan baik untuk pertanian singkong. N: P: rasio K dalam pertanian singkong adalah 60: 90: 120 kg / ha setiap kekurangan gizi lain seperti kalsium, S, Zn, dan B harus dimasukkan.

Pengendalian Gulma

Mengontrol gulma adalah salah satu tugas utama dalam setiap tanaman untuk pertumbuhan tanaman yang sehat dan hasil atau produksi yang baik. Gulma dapat dikendalikan dengan cara kimia atau mekanis. Namun, mulsa adalah proses alami lain untuk mengendalikan gulma. bahan mulsa seperti jerami atau mulsa plastik dapat digunakan dalam pertanian singkong untuk mengendalikan atau mencegah pertumbuhan gulma di dasar tanaman singkong. Pergi untuk penyiangan saat tanaman singkong adalah sekitar 30 cm. Secara teknis, setelah 4 minggu untuk penanaman. Penyiangan harus dilakukan setelah 1 atau 2 bulan setelah tugas penyiangan pertama. Pembumian harus dilakukan juga pada saat yang sama ketika penyiangan dilakukan.

Tanaman Inter

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, petani dapat menanam tanaman dengan durasi pendek selama tahun-tahun awal pertanian singkong. Kacang hijau atau tanaman sayuran lainnya yang ideal untuk ditanam dalam budidaya singkong. Jika opsi ini dipakai, pastikan untuk memasok tambahan pupuk / pupuk bersama dengan irigasi untuk tanaman lain.

Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit tanaman adalah salah satu tugas utama untuk hasil dengan kualitas yang baik.

1. Hama : Hama yang paling umum ditemukan dalam pertanian singkong adalah belalang, kumbang, semut dan kutu daun. Namun, tikus, kambing dan babi hutan yang berbahaya dalam pertanian singkong.
  • 1.1 Tindakan kontrol : Hubungi departemen pertanian atau hortikultura departemen setempat untuk solusi yang lebih baik dalam pertanian singkong.
2. Penyakit: Penyakit yang paling umum ditemukan dalam pertanian singkong adalah penyakit mosaik, hawar bakteri, antraknosa dan busuk akar.
  • 2.1 Tindakan kontrol: Departemen hortikultura lokal adalah sumber terbaik dari penyedia solusi dalam pertanian singkong.

Catatan: Departemen hortikultura lokal Anda atau berorientasi penelitian universitas pertanian merupakan sumber yang baik untuk menemukan solusi yang cocok untuk mengendalikan hama dan penyakit dalam pertanian singkong.

Panen

Biasanya, tanaman singkong akan jatuh tempo dalam 1 tahun setelah ditanam. Menggunakan metode tarik dianjurkan untuk memanen. Setelah tanaman dipanen, pastikan untuk mencuci dengan baik dan kering. Sebenarnya, singkong dapat dipasarkan dengan keadaan segar atau kering.

Hasil

Nah, hasil tergantung pada banyak faktor dan salah satu dapat mengharapkan hasil yang didasarkan pada kultivar, irigasi, kondisi iklim, dan praktek pertanian. Pada rata-rata orang dapat memperoleh hasil dari 20 sampai 25 ton /ha dan di atas dapat diperoleh dengan praktek agronomi dan manajemen yang baik.

Kesimpulan

Selalu memilih singkong manis. Racun di dalam singkong menghilang selama mereka memasaknya terlebih dahulu, sehingga, memasak singkong adalah cara yang aman untuk mengkonsumsi singkong. Memotong, lalu merendamnya dalam air panas sampai 60 ° C, dan mengekspos di bawah sinar matahari dapat menghapus racun di umbi singkong.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Informasi Panduan Cara Penanaman Singkong (Ubi Kayu)"

Posting Komentar

Gunakan form komentar dengan bijak.. Jika isi komentar berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar dengan link aktif, Tidak akan kami ditampilkan!