Fakta Manfaat Nutrisi Singkong Untuk Kesehatan

Fakta Manfaat Nutrisi Singkong Untuk Kesehatan

Fakta Nutrisi Singkong

Singkong atau ubi kayu adalah gila rasa, Pati-umbi yang masuk ke dalam keluarga tanaman II (Euphorbiaceae). Tanaman ini diduga berasal dari hutan Amerika Selatan. Manis dan juga kenyal umbi bawah tanah itu adalah salah satu sayuran tradisional yang dapat dimakan akarnya. Masyarakat lokal dan kebanyakan dari bagian benua Afrika, Asia dan Amerika Selatan menggunakan singkong sebagai sumber makanan pokok selama berabad-abad. Sama halnya dengan makanan akar tropis dan kaya Pati seperti ubi, Talas, pisang raja, kentang, dll, itu juga adalah bagian tak terpisahkan dari karbohidrat bagi jutaan penduduk yang tinggal di daerah tersebut.

Singkong ini merupakan tumbuhan tahunan yang dapat tumbuh di bawah tanah tropis, lembab, subur, dan dikeringkan. Tanaman akan tumbuh benar hingga mencapai tinggi sekitar 2-4 m. Di ladang, Bagian batang yang ditanam ke dalam tanah dipotong terlebih dahulu seperti dalam kasus penanaman tebu.

Setelah tanaman mencapai umur sekitar 8-10 bulan diperkebunan; akar akan memanjang, umbi pun tumbuh di radial pola ke bawah ke dalam tanah dari ujung bawah batang sampai kedalaman 2-4 kaki.

Setiap berat untuk satu umbi hanya beberapa kilo tergantung pada budidaya jenis dan fitur abu-abu-coklat, kasar, kayu bertekstur kulit. Dagingnya memiliki warna putih, Kaya akan Pati dengan rasa manis dalam daging, yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum di konsumsi.

Manfaat Untuk kesehatan dari singkong

  1. Singkong memiliki hampir dua kali lipat kalori dibanding kentang dan mungkin merupakan salah satu tertinggi dengan nilai kalori makanan untuk jenis umbi-umbian Pati dan akar tropis. 100g akar mengandung 160 kalori. Nilai kalori utama berasal dari sukrosa yang menyumbang lebih dari 69% dari total gula. Amilosa (16-17%) adalah sumber utama lain dari karbohidrat kompleks.
  2. Singkong merupakan jenis umbi yang sangat rendah lemak dan protein daripada sereal dan kacang-kacangan. Meskipun demikian, Singkong memiliki lebih banyak protein dibandingkan dengan sumber-sumber makanan tropis lain seperti ubi jalar, pisang, dll.
  3. Seperti jenis lain dari akar dan umbi-umbian, singkong juga bebas dari gluten. Gluten Pati digunakan dalam persiapan makanan khusus untuk pasien penyakit celiac.
  4. Daun singkong muda adalah sumber makanan yang baik yang mengandung protein dan vitamin K. Vitamin K memiliki peran potensial dalam memperkuat tulang dengan cara merangsang aktivitas sel-sel osteoblastik tulang. Dan ini juga memiliki peran yang ditetapkan dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.
  5. Singkong pun membawa beberapa vitamin Grup B-Kompleks berharga seperti folates, Tiamin, Piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan Asam Pantotenat.
  6. Merupakan salah satu sumber utama dari beberapa mineral penting bagi banyak penduduk di daerah tropis seperti zink, magnesium, copper, zat besi dan mangan. Juga, memiliki jumlah kalium yang cukup (271 mg per 100g atau 6% dari RDA). Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

Seleksi Dan Penyimpanan

Singkong dapat mudah tersedia di pasar seluruh musim. Membeli umbi yang terbentuk dengan baik, keras, silinder yang berat untuk ukurannya. Lalu biasanya singkong dibersihkan, dan diproses, diimpor dari Amerika Tengah juga tersedia di pasar AS. Dan itu adalah Wax, oleh karena itu, akan terlihat cerah dan mengkilat.

Hindari pembelian dengan stok lama karena dari rasa sedapnya akan berkurang. Jangan membeli jika hasil umbi-umbian memiliki bekas luka/cacat, terdapat perubahan pada bagian kulit. Juga, menghindari orang-orang yang menjual dengan cetakan, terdapat bintik-bintik lembut dan noda pada bagian permukaan.

Singkong segar dapat disimpan pada suhu kamar selama sekitar 5-7 hari. Namun, kupas dan potong bagian ujung dan harus ditempatkan dalam air dingin dan disimpan dalam kulkas hingga tiga hari.

Persiapan Dan Metode Penyajian

Singkong jangan pernah dimakan mentah, seperti umbi akar lain ketela pohon juga memiliki sejumlah kecil glikosida cyanogenic, terutama hydroxycyanic asam. Sianida senyawa mengganggu metabolisme sel. dengan menghambat oksidase sitokrom enzim dalam tubuh manusia. Untuk memastikan umbi aman untuk dikonsumsi, Mengupas diikuti dengan memasaknya terlebih dahulu akan menghilangkan senyawa ini.

Umbi singkong banyak tersedia di pasar tradisional dan wax membantu meningkatkan hidup mereka. Untuk mempersiapkan, hanya mencuci seluruh akar dalam air dingin, keringkan, dan memotong ujung umbi. Potonglah menjadi empat dengan panjang kira-kira 2-3 inci. Debgan menggunakan pisau pengupas, kemudian kupas kulit luar sampai menemukan daging umbi yang berwarna putih. Jangan gunakan pengupas sayuran karena untuk mengupas kulit umbi akar ini agak sulit. Bagian umbi yang dipotong cenderung akan berubah warna kecoklatan setelah terpapar udara seperti halnya kentang, sehingga anda harus menempatkan mereka dengan segera ke dalam wadah yang berisi air dingin.

Singkong merupakan salah satu sayuran umum dan bisa kita sajikan ke dalam berbagai hidangan tradisional sehari-hari di banyak negara seperti Karibia, Afrika, dan Asia. Biasanya dihidangkan bersama-sama dengan umbi tropis lain seperti ubi, Talas, pisang raja, kentang, dll, itu juga merupakan bagian Integral dari diet di daerah tersebut.


Berikut adalah beberapa tips penyajian:

Untuk membuat singkong aman untuk dikonsumsi, rebus potongan umbi ke dalam air asin sampai empuk selama sekitar 10-15 menit. Tiriskan dan membuang air bekas rebusan tadi sebelum menggunakan singkong dalam berbagai resep memasak.
  • Umbi singkong merupakan bahan familiar untuk di goreng, rebus-goreng, sup, dan hidangan gurih lainya di seluruh daerah tropis.
  • Secara umum, bagian singkong digoreng dalam minyak sampai kecoklat-coklatan dan renyah, lalu disajikan dengan garam, dan bumbu merica sebagai camilan.
  • Pati ubi kayu disaring untuk mendapatkan tepung tapioka, populernya sebagai sabudana di India, Pakistan dan Sri Lanka. Pelengkap untuk puding, dll.
  • Tepung Singkong juga digunakan untuk membuat roti, kue, cookie, dan berbagai resep lainnya.
  • Di Nigeria dan Ghana, Tepung Singkong digunakan bersama dengan ubi jalar untuk membuat fufu (polenta), yang kemudian disajikan dengan rebusannya.
  • Keripik singkong dan serpih juga secara luas dimakan sebagai makanan ringan.


Profil keamanan

Singkong mengandung glikosida cyanogenic beracun alami senyawa linamarin dan metil-linamarin. Cedera umbi rilis enzim linamarase dari sel-sel pecah, yang kemudian mengubah linamarin untuk asam hydrocyanic beracun (HCN). Oleh karena itu, penggunaan singkong baku mengakibatkan keracunan sianida dengan gejala muntah, mual, pusing, sakit perut, sakit kepala, dan kematian. Secara umum, sianida konten jauh lebih tinggi di bagian luar dan mengelupas. Sementara mengupas mengurangi sianida konten, dijemur, dan perendamannya didalam air mendidih yang diberi garam dan cuka yang menghasilkan penguapan bahan ini dan membuatnya aman untuk dikonsumsi manusia.

Memperpanjang penggunaan ubi kayu pada monoton diet dapat menyebabkan penyakit kronis seperti tropis ataxic neuropati (TAN) dan Diabetes, terutama di kalangan penduduk pedesaan dan suku yang murni terlibat dalam pengolahan dan konsumsi produk-produk singkong.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fakta Manfaat Nutrisi Singkong Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Gunakan form komentar dengan bijak.. Jika isi komentar berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar dengan link aktif, Tidak akan kami ditampilkan!