Tips Membuat Kue Dengan Tepung Singkong

Tepung Singkong : Pilihan Tepat Untuk Membuat Kue (Bebas Gabah), Dengan Beberapa Peringatan

Tips Membuat Kue Dengan Tepung Singkong
Tepung Singkong
Beberapa bulan yang lalu, ketika teman saya menyebutkan Tepung Singkong sebagai pilihan tepung bebas gabah, saya spontan meletakkan sebuah ide di dalam pikiran saya. Saya telah memasuki dunia memasak bebas gandum karena teman saya yang lain dengan penderita penyakit autoimun telah disarankan oleh dokter untuk menkonsumsi tepung bebas gandum, dan berpikir bahwa ia tidak bisa memiliki hidangan favoritnya, dan itu membuat saya ingin bereksperimen.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita berbicara tentang apa itu singkong. Ketela Pohon ini juga dikenal sebagai yuca, singkong merupakan jenis umbi yang termasuk dalam keluarga yang sama seperti talas, ubi jalar, dan kentang. (Selengkapnya bisa baca artikel Manfaat Nutrisi Singkong)

Kebanyakan orang seringkali salah ketika mereka membicarakan Tepung Singkong Dan Tepung Tapioka. Mereka anggap kedua tepung tersebut adalah sama. Padahala dari cara pembuatannya saja sudah berbeda dan ini sangat jelas berbeda.

Untuk membuat tepung tapioka, singkong dicuci dan dihaluskan, beri air seperti bubur, dan kemudian diperas untuk mendapatkan ekstrak cair tepung. Setelah semua cairan habis, apa yang tersisa adalah yang disebut tepung tapioka. Sementara Tepung Singkong, merupakan tepung yang dihasilkan seluruh umbi, dikupas, dikeringkan, dan dihaluskan. (Selengkapnya Anda bisa membaca artikel cara membuat tepung singkong)

Tidak seperti substitusi Tepung bebas gluten dan bebas gandum lain, Anda dapat cukup banyak menukar tepung singkong dengan semua tepung untuk mencapai hasil yang baik, bahkan kadang-kadang hasilnya sangat baik. Dengan kata lain, Anda tidak perlu lagi kesulitan dalam membuat (atau membeli) campuran tepung bebas gluten.

Banyak orang berkata, tepung singkong tidak cocok untuk setiap resep, dan itu pasti tidak bahkan untuk ditukar/barter, terlepas dari apa yang tertulis pada kemasan. tepung singkong lebih ringan dari semua tepung (130 gram per cangkir dibandingkan 145-150 gram saat menggunakan sendok dan metode sapuan), namun lebih menyerap air (yang berarti Anda harus kembali pada jumlah saat melakukan substitusi/pencampuran). Anda harus bereksperimen sedikit untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat.

Suudah sebagian besar sukses hasil percobaan dalam seminggu saya bermain dengan tepung baru ini. Saya telah membuat brownies, chocolate chip cookie, adonan pizza, dan pancake, menggunakan resep percobaan, dan sebagian benar resep kerja yang telah saya uji.

Cobalah dengan sebuah resep yang Anda sudah tahu, ini akan membantu Anda mengasah dalam kesalahan apapun yang mungkin Anda alami dalam memasak. Jika Anda memutuskan untuk mulai dari awal, mengembangkan sebuah resep yang benar-benar baru sebelum Anda memahami bagaimana bahan baru yang bekerja secara umum... baik, mari kita lihat ringkasan percobaan saya selama 1 bulan.

Berikut adalah ringkasan saya bereksperimen dengan tepung singkong :



  1.  Tepung singkong ini sangat halus(seperti debu), hingga tepung ini menjadi sangat lembut. Jangan secara tiba-tiba Anda masukan ke dalam mangkuk atau wadah, jika begitu Anda akan dipenuhi oleh awan tepung.
  2. Tepung ini sangat mencintai cair, pada proporsi yang lebih tinggi daripada tepung terigu. Jadi sementara resep saya mengatakan gelas ukur biasanya diganti dengan ukuran lain, saya menemukan bahwa Anda perlu menghitung kembali jumlah tepung singkong ketika hendak membuat sebuah resep.
  3. Tepung Singkong menanamkan rasa yang berbeda, sangat halus gila dan ini tidak mengherankan karena terbuat dari sayuran akar tanah, tetapi sesuatu yang perlu diingat adalah mencicipi resep Anda ketika selesai.
  4. Resep sangat bergantung pada jumlah tepung singkong dan lebih tebal/lebih dalam (seperti roti kue), ini telah menimbulkan suatu tantangan. Adonan cenderung keluar/luber saat dipanggang, sementara didalamnya belum matang dan masih seperti adonan menta pada bagian pusat.


Dan ya, saya sudah beberapa kali salah dengan tepung singkong, juga, sebagai bagian dari kurva belajar saya (lihat poin 4 di atas). Mari kita tidak berbicara tentang adonan yang mentah, kue termakan dan gulungan saya yang dibuat baru-baru ini. Aku tidak menyerah pada salah satu resep. Firasat saya mengatakan tepung ini membutuhkan tepung mitra (kolaborasi).

Untuk beberapa resep yang telah berhasil saya buat akan saya posting dalam artikel selanjutnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Membuat Kue Dengan Tepung Singkong"

Post a Comment

Gunakan form komentar dengan bijak.. Jika isi komentar berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar dengan link aktif, Tidak akan kami ditampilkan!